Blog ini merupakan media informasi dan komunikasi bagi sahabat, teman serta saudara-saudara saya yang berada nun-jauh disana. Salam buat semua...!



Product ...

Services ...

Other things ...



paricara

majalah-soerat

perempuan maju

lukman choy

lukman_alislam

alislam po

daruttaibin

nahdhatul ulama

gp-ansor

gusdur

gusmus

pb-pmii

ikapmii_ta

pmii_ta

dimensi

peradaban-Islm

wacana-kita

spiritia

aids

aids-indo

vhr

migrant-care

bnp2tki

ilo

unicef

pkpa

bloggerpeduli

yahoo-news

y3pp33

surya

republika

ratu

gadis

okezone

lintasberita

kompas

kompascetak

kapanlagi

kabar indo

j-post

surabaya

detik.com

berita-jatim

antara

Sapa Hari-Harimu Dengan Senyuman



IP

<$Setiap Orang Berhak Menentukan Nasibnya Sendiri$>
Ratusan Ribu Masyarakat Miskin Belum Tersentuh Jamkesmas 2008

Jumlah masyarakat miskin yang masih belum mendapat pemenuhan jaminan kesehatan di Kabupaten Ponorogo,cukup tinggi. Dari data yang ada,sekitar 340.056 jiwa saat ini bakal mendapat sasaran pelayanan kesehatan yang memadai. Itu terungkap saat evaluasi pelaksanaan program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) tahun 2008, kemarin (10/2).

Menurut Sekkab Ponorogo Luhur Karsanto pihaknya saat ini masih menunggu data resmi dari BPS (Badan Pusat Statistik). Dari data yang valid tersebut, diharapkan bisa mencegah beberapa kendala dilapangan. Sehingga pelayanan kesehatan yang bermutu bisa tercapai. ''Karena jika tidak kita antisipasi, akan memberikan pengaruh yang berarti bagi penurunan angka kematian bayi dan balita juga angka kematian kelahiran serta angka kematian ibu melahirkan, ''jelas Luhur ditemui usai acara. Dia mengakui angka masyarakat miskin di Ponorogo tergolong cukup tinggi.

Melihat fenomena ini, pihaknya berusaha agar mereka tetap mendapat pelayanan kesehatan yang cukup. Kendala seperti pendataan sasaran masyarakat miskin belum tuntas, peran ganda dari penyelenggara baik sebagai pengelola sekaligus pembayar belum optimal masih sering terjadi.

Termasuk peran rumah sakit belum melakukan kendali biaya dan kendali mutu dengan baik, juga faktor yang menyebabkan pelayana kesehatan bagi masyarakat miskin kurang sesuai harapan. ā€¯Belum optimalnya peran dukungan dari pihak terkait dalam koordinasi, pengawasan serta pengendalian menjadi catatan tersendiri''. jelasnya.

Sekadar diketahui tahun 2008, sasaran program Jamkesmas di Ponorogo sejumlah 340.056 jiwa. Untuk keseluruhan data peserta program telah ditetapkan oleh dan dengan SK Bupati Ponorogo Nomor 1839 tahun 2008. Salah satu prioritas Jamkesmas adalah pelayanan ibu hamil miskin. Hal ini berkaitan dengan beratnya upaya menurunkan angka kematian para ibu saat melakukan persalinan dan pertolongan komplikasi yang tersedia.

(Tya-Sad: Radar Madiun/ Rabu, 11-02-2009, 12:44:35)

1 Comments:

halo... boleh..boleh...

26 Februari 2009 pukul 16.12  

Posting Komentar

<< Home