Blog ini merupakan media informasi dan komunikasi bagi sahabat, teman serta saudara-saudara saya yang berada nun-jauh disana. Salam buat semua...!



Product ...

Services ...

Other things ...



paricara

majalah-soerat

perempuan maju

lukman choy

lukman_alislam

alislam po

daruttaibin

nahdhatul ulama

gp-ansor

gusdur

gusmus

pb-pmii

ikapmii_ta

pmii_ta

dimensi

peradaban-Islm

wacana-kita

spiritia

aids

aids-indo

vhr

migrant-care

bnp2tki

ilo

unicef

pkpa

bloggerpeduli

yahoo-news

y3pp33

surya

republika

ratu

gadis

okezone

lintasberita

kompas

kompascetak

kapanlagi

kabar indo

j-post

surabaya

detik.com

berita-jatim

antara

Sapa Hari-Harimu Dengan Senyuman



IP

<$Setiap Orang Berhak Menentukan Nasibnya Sendiri$>
Membangun Kemandirian Kelompok Lewat Ternak Kambing
Menjadi kebanggan tersendiri bagi Sujilah, salah satu anggota Kelompok Masyarakat Mandiri (KMM) Sumber Makmur Desa Tugu Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Ia membuktikan bahwa berkelompok ternyata memberikan manfaat yang luar biasa, yang tidak pernah didapatnya sebelum bergabung dengan KMM Sumber Makmur.
Saat ini Sujilah sudah bisa mempunyai 4 ekor anak kambing yang didapatnya dari hasil perjuangannya mengembangkan potensi anggota KMM Sumber Makmur melalui budi daya ternak kambing. “Alhamdulillah, kambing saya sudah beranak 4 ekor dalam waktu kurang dari 1 tahun,”paparnya dengan nada gembira.
Sujilah merupakan satu dari 25 orang anggota KMM Sumber Makmur yang pada tahun 2008 dan 2009 ini berhasil membudidayakan kambing ternak. Sumber dana pembelian bibit kambing berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tulungagung Tahun 2008.
Setiap anggota kelompok awalnya cuma mendapat alokasi bibit kambing ternak sebanyak 1 ekor. Setelah dipelihara antara 6 sampai 1 tahun, kini rata-rata kambing-kambing ternak itu sudah berkembang biak dengan baik, bahkan hingga 4 ekor seperti milik Sujilah.
“Saya mendapatkan kambing tersebut dari Kelompok Sumber Makmur terhitung sejak tanggal 2 Agustus 2008. Saya berharap kambing-kambing ini bisa terus berkembang lagi sehingga dapat menjadi modal untuk masa depan yang lebih baik,”ujar Sujilah.

Perawatan Kambing Ternak
Menurut dia, memelihara kambing sebenarnya gampang-gampang susah. Menjadi gampang jika peternak bisa mencari pakan sendiri di sekitar lahan pertanian yang dimiliki. Tetapi bisa susah bila peternak kehabisan pakan, sehingga harus membeli.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peternak dalam perawatan kambing. Diantaranya selalu memperhatikan kebersihan kandang dan kesehatan ternaknya. Setiap 5 hari sekali kondisi kesehatan kambing harus dicek. Kalau di tubuhnya terdapat kutu harus diberi obat. Sujilah biasanya memakai kapur semut untuk membunuh kutu kambing. Disamping itu, agar bersih dan sehat, 15 hari sekali kambing ternak perlu dimandikan.
Untuk pakan ternak, biasanya diberikan 2 kali sehari yakni pagi dan sore. Misalnya jam 07.00 pagi dan jam 17.00 sore dan  setiap harinya diusahakan selalu mendapatkan asupan makanan. Jangan sampai kambing kehabisan makanan atau peternak terlambat memberi makanan.
Di sisi lain, Sujilah juga memberi nutrisi tambahan pada kambing-kambing ternaknya dengan minuman air leri (air perasan beras yang akan dimasak) agar kambing cepat gemuk. Pemberian air leri dilakukan setelah kambing diberi makan. Tidak lupa dalam setiap 2 bulan sekali dikasih jamu untuk menjaga agar ternak tetap enak makan dan sehat.
Semua itu dia lakukan untuk menjaga agar aset kelompok tidak mandek, sekaligus menjaga aset pribadi. ”Kambing ini kan aset saya sekaligus aset kelompok, jadi saya sangat bangga dan senang sekali bisa merawatnya,”ungkap Sujilah.

Membangun Kemandirian
Cerita Sujilah adalah salah satu kisah sukses KMM Sumber Makmur Desa Tugu Kecamatan Sendang dalam upaya membangun kemandirian anggotanya melalui budi daya ternak kambing. Namun, dalam perjalanannya bukan berarti tanpa hambatan. Sebut saja misalnya kambing milik Ibu Timi, Ketua KMM Sumber Makmur yang akhirnya mati sebelum beranak pinak karena terkena penyakit.
Beruntung pada sekitar bulan Maret 2009 lalu kelompok ini mendapatkan alokasi anggaran melalui Program Kemitraan Penanggulangan Kemiskinan dari Bappeda Tulungagung, sehingga kambing ternak Ibu Timi yang mati dapat diganti dengan bibit kambing ternak baru yang lebih baik.
Bendahara KMM Sumber Makmur, Muktamat, mengatakan, sejauh ini belum ada kendala berarti dalam pengelolaan ternak kambing di kelompoknya. ”Hanya ada 1 kambing yang mati itu punya mbak Timi, akan tetapi sudah diganti dengan yang baru,”jelasnya.
Melalui budi daya ternak kambing ini, tambah Muktamat, setidaknya kelompok dapat membantu dalam menyelesaikan masalah anggotanya, terutama dalam meningkatkan pendapatan keluarga. “Itulah untungnya berkelompok, kalau ada masalah bisa cepat terselesaikan bersama-sama,”ungkapnya.
Sementara itu Sujilah mengaku saat ini merasa bangga karena kelompok sudah dapat mengelola agenda dan keuangannya sendiri. “Kelompok Sumber Makmur sedikit demi sedikit sudah mulai bisa mandiri, sehingga ke depan anggota kelompok bisa mengembangkan sendiri dalam usahanya menciptakan lapangan pekerjaan,”terangnya.
Tak hanya beternak kambing, upaya membangun kemandirian juga dilakukan oleh KMM Sumber Makmur melalui rencana membuat usaha bersama berupa makanan ringan (kue) menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Rencananya, kue ini akan dijual ke pasar. Jika laku, tentu bisa menjadi modal usaha bagi kelompok untuk membentuk koperasi di masa-masa yang akan datang.
Lebih jauh, Muktamat memiliki harapan besar terhadap keberadaan kelompoknya, yakni bisa membantu sebagian masyarakat Kecamatan Sendang, khususnya di Desa Tugu dalam mengentaskan kemiskinan dan membuat lapangan pekerjaan bagi warga. Bahkan, kelompok ini bercita-cita hendak membentuk koperasi. 
“Saat ini KMM Sumber Makmur sudah mempunyai aset kurang lebih Rp 500.000, ini pun belum semuanya ngumpul. Aset itu diperoleh dari hasil kesepakatan kelompok melalui iuran kas kelompok. Menurut kesepakatan, setiap anggota kelompok yang dapat kambing diwajibkan memberikan uang kas kepada kelompok  sebesar Rp 50.000 per bulan. Semoga ini menjadi modal kebangkitan kelompok,”tambah Muktamat.
Iuran kas Rp 50.000 dilakukan sebagai upaya mengikat anggota kelompok. Langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian dan komitmen anggota kelompok untuk bisa terus bertahan dan berkembang. Selain itu juga sebagai antisipasi apabila ada kambing dari salah satu anggota kelompok kena penyakit akan dibantu biaya pengobatannya atau bilamana ada kambing yang mati akan diganti dengan uang kas kelompok.